Minggu, 20 September 2015

Ini 10 Teladan Pola Makan Sehat a la Rasulullah


laki-laki  tidak nafsu makan
BANYAK orang yang mengeluh tentang kondisi tubuh mereka yang sering bermasalah, ada yang mengeluh tentang penyakit yang sedang dideritanya, ada yang menjaga dari makanan yang tidak sehat, ada yang menjaga pola makan nya saja meskipun asupan yang disuplai kedalam tubuh sedikit. Tak jarang pula orang melakukan diet ekstrem untuk dapat menurunkan berat badan mereka.
Namun apakah cara-cara yang dilakukan itu sesuai dengan syariat Islam? Atau sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW?
“Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” (Al-Ahzab [33]: 21).
Dalam berbagai aktivitas dan pola kehidupan Rasulullah SAW, memang sudah dirancang oleh Allah SWT sebagai contoh teladan yang baik (uswah hasanah) bagi semua manusia. Teladan ini mencakup berbagai aspek kehidupan termasuk dalam hal pola makan yang bermuara pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan merupakan aset kekayaan yang tak ternilai harganya. Ketika nikmat kesehatan dicabut oleh Allah SWT, maka manusia rela mencari pengobatan dengan biaya yang mahal bahkan ke tempat yang jauh sekalipun. Sayangnya, hanya sedikit orang yang peduli dan memelihara nikmat kesehatan yang Allah telah anugerahkan sebelum dicabut kembali oleh-Nya.
Karena Allah telah menegaskan kepada kita bahwa Beliau (Rasulullah) adalah teladan, inilah teladan yang bisa kita ikut bagaimana pola makan Rasulullah SAW agar Sehat, berkah dan mendapatkan amal.
Asupan awal kedalam tubuh Rasulullah adalah udara segar pada waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Para pakar kesehatan menyatakan, udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.
Rasulullah SAW pernah bersabda : “Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu oleh keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang,” (HR. Bukhari no. 6412).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Recent news